Selamat Datang di Web Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan
  Search  
   
 
 
  TENTANG IAIDU  
   
   
  KEMAHASISWAAN  
   
   
  PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT  
   
   
  Pengunjung  
   
 

Sejak 28 Des 2011
 
Beranda > Sejarah Institusi

SELAYANG PANDANG 

  Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan Kisaran secara resmi berdiri sejak Tahun Akademik 1981/1982 dengan Nomor Izin Pendirian Kep/E.III/P.P.00.9/73/84 dan perpanjangan Izin Nomor Dj.II/319/2005 tanggal 2 Agustus 2005 dikelola oleh Yayasan Pesantren Modern Daar Al Uluum Asahan karena banyaknya alumni – alumni Madrasah Aliyah yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke ibu kota propinsi akibat ketiadaan biaya. Yayasan Pesantren Modern Daar Al Uluum Asahan didirikan pada tahun 1975 yang diprakarsai oleh Almarhum H. Abdul Manan Simatupang bersama – sama dengan para ulama di Kabupaten Asahan dengan Akte Notaris Johan Palti Situmeang Nomor 10 tanggal 10 Maret 1977, SH berkantor di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 80 Medan dan Akte Notaris Ny. Isli Burhanuddin, SH Nomor 10 tanggal 21 Juli 1995 di Kisaran.
Saat ini Yayasan Pesantren Modern Daar Al Uluum Asahan dipimpin oleh Drs. H. Taufan Gama Simatupang, M.AP mengasuh berbagai jenjang pendidikan yang terdiri dari
a.  Raudhatul Athfal (RA)

b.  Taman Pembacaan Al – Qur’an (TPA)
c.      Madrasah Tsanawiyah (MTs)

d.     Madrasah Aliyah (MAS)

e.     Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
f.       Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT)
g.     Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT)
h.      Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) / Pendidikan Kader Ulama (PKU), dan
i.       Institut Agama Islam Daar Al Uluum, Asahan Kisaran (IAIDU)

IAIDU Asahan mengalami masa perkembangan kemajuan dimulai pada masa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah pada tahun 1984 dipimpin oleh Alm Drs. H. Anwar Saleh Daulay. Banyaknya minat daripada masyarakat kabupaten Asahan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah berubah status menjadi Institut Agama Islam Daar Al Uluum Asahan dipimpin oleh Bapak Rektor Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA yang mengelola Fakultas Tarbiyah, Syari’ah dan Ushuluddin dari tahun 1986s/d 1987.

Pada tahun 1987 sehubungan Bapak Dr. H. Ramli Abdul Wahid, MA pindah tugas ke Jakarta maka Pelaksana Rektor dipimpin oleh Alm. Drs. H. Rusli Sujono. Pada masa kepemimpinan Rektor Drs. H. Rusli Sujono terjadi perubahan status dari Fakultas Ushuluddin menjadi Fakultas Dakwah karena kurangnya minatnya masyarakat untuk mengambil program studi tersebut dan membuka program studi baru yaitu Kependidikan Islam pada fakultas Tarbiyah Kepemimpinan tersebut berakhir sampai dengan tahun 1998. Kepemimpinan  selanjutnya diamanahkan kepada bapak Rektor Drs. H. A. Muin Isma Nasution mulai tahun 1998 sampai dengan sekarang.